Pemalang Pusere Jawa

FK.Metra Pemalang Berlaga Di Fetival Tingkat Jateng

0 163

PEMALANG – Forum Komonikasi Media Tradisional (FK.Metra) Diskominfo Kabupaten Pemalang, bersama Dinkes dan Dikbud Pemalang, Sabtu, (7/4/2018) sukses menyajikan pertunjukan seni rakyat di Kota Pekalongan, dalam seleksi Festival seni pertunjukan rakyat yang diselenggarakan Diskominfo Provinsi Jawa Tengah.

Dengan mengangkat tema Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sejumlah seniman tradisi Pemalang yang tergabung di FK.Metra mampu merebut perhatian penonton dengan karakter peran yang dimainkanya.

Dengan mengangkat jomblong sebagai judul pertunjukan, Irsalah, sang sutradara secara apik mengemas gambaran tentang kepedulian kita terhadap kesehatan lingkungan.

Kepala Dinas Komonikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri dalam teks sambutanya yang dibacakan Kabid IKP, Evi Sulistyorini, menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Pekalongan yang telah memfasilitasi sebagai tempat Festival FK.Metra. Evi menambahkan, Festival FK. Metra yang diselenggarakan itu merupakan yang pertama kali ditahun 2018.

Pada seleksi ini diikuti oleh delapan kabupaten/kota yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes.

Diungkapkanya, kegiatan tersebut diselengarakan agar semuanya bisa saling mengenal seni dan budaya serta tradisi dari daerah lain. Apalagi pertunjukan rakyat FK.Metra mampu menjadi media alternatif untuk mengedukasi dan menyampaikan pesan pembangunan di Jawa Tengah dan juga pesan-pesan sosial yang harus disampaikan kepada masyarakat.

“yaitu pesan pembangunan yang sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara”.ungkap Evi.

Ada beberapa tema yang dapat dipilih oleh masih-masing FK.Metra Kabupaten/Kota. untuk disampaikan kepada masyarkat melalui seleksi pertunjukan rakyat kala itu, antara lain, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas, Pilkada damai dan Bulan bhakti gotong royong. (ay)

Leave A Reply

Your email address will not be published.