Pemalang Pusere Jawa

Pemkab Pemalang Selenggarakan Review Masterplan Samrt City

0 234

PEMALANG – Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Diskominfo, Rabu (5/2/2020) menyelenggarakan Review Masterplan Samrt City di Hotel Winner Pemalang. Acara yang dibuka Sekda Pemalang, DR. AP. Ir. Muhamad Arifin, M.Si. diikuti 93 orang yang terdiri dari unsur Kepala Perangkat Daerah, Kabid dan Kasubag Bina Program dan Keuangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, serta para utusan Komunitas di Kabupaten Pemalang..

Saat membuka acara tersebut, Sekda Pemalang, DR. AP. Ir. Muhamad Arifin, M.Si. menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang akan terus kita lakukan dalam rangka menciptakan perencanaan dan pengembangan Kabupaten Pemalang sebagai kota layak huni yang lebih baik dimasa depan melalui konsep smart city atau kota cerdas.

Tahun 2020, kata Sekda, merupakan tahun ketiga Kabupaten Pemalang bergabung dalam gerakan menuju 100 smart city. Terkait hal itu, Sekda menyambut baik inisiatif penyelenggaraan kegiatan tersebut. Dikatakannya, banyak diantara kita yang masih perlu pemahaman lebih lanjut tentang masterplan smart city.

Gerakan smart city atau kota cerdas seperti yang disampaikan Sekda Arifin, adalah wajah bagi kita untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan berbagai macam permasalahan yang dirasakan masyarakat Kabupaten Pemalang dalam kegiatan yang konkrit. Selain itu, smart city juga merupakan konsep yang dirancang bagi suatu kota untuk dapat mendorong peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Mewakili Kadiskominfo Pemalang, Sekdin Diskominfo, Tantri Ari Cahyaningtyas, SH., M Si. melaporkan, acara tersebut dilaksanakan sebagai review pelaksanaan kegiatan smart city di Kabupaten Pemalang Tahun 2019, dan sebagai langkah untuk mengembangkan kegiatan smart city Kabupaten Pemalang Tahun 2020. Masih dalam laporannya, Tantri mensampaikan terima kasih atas bantuan dan partisipasi juga kerjasama yang sudah terjalin kepada Kepala perangkat daerah beserta jajarannya Paar peserta yang hadir dan semua pihak yang telah ikut membantu terselenggaranya acara tersebut.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi dengan beberapa narasumber. Antara lain, Hasyim Gautama, DR. CISM, ISMS-LA Kasubid Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Daerah, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ir. Windy Gambetta, M.B.A., selaku Pembimbing Dosen ITB smart city Kabupaten Pemalang dan Drs. Yuda Laksono, M.Si. Ketua Tim Teknis Smart city Kabupaten Pemalang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.