Pemalang Pusere Jawa

Atasi Blankspot, Diskominfo Pemalang Gelar FGD

0 46

Pemalang – Sebagai upaya mendapatkan solusi permasalahan blankspot agar dapat menurunkan Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) dan mendukung kelancaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang tahun 2020, Diskominfo Kabupaten Pemalang, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tajuk Mengatasi BlankSpot Internet Desa di Kabupaten Pemalang, Kamis, (27/8/2020), di Wisma Anggrek PTPN Semugih Kecamatan Moga.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Nugroho Budi Raharjo, saat memberikan pengarahan dalam kegiatan tersebut mengatakan, pada hasil launching Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) Kabupaten Pemalang, konteks infrastruktur daerah Kabupaten Pemalang terdapat 35 desa yang tidak ada jaringan internet atau Blankspot Area.

Adapun letak geografis desa- desa tersebut di wilayah selatan Kabupaten Pemalang, dimana terletak di antara bukit – bukit. Padahal, menurut Nugroho layanan internet sangat dibutuhkan untuk membuka akses komunikasi masyarakat yang kini mulai berkembang, sejak pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyalurkan alokasi dana desa /kampung, infrastruktur telah berkembang pesat, namun sarana komunikasi masih belum terjangkau. Untuk itu pihaknya berupaya mengatasi persoalan tersebut bekerjasama dengan pemerintah pusat.

“Kami berupaya mengatasi persoalan ini, dengan menggandeng pemerintah pusat, karena pada saat ini internet sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pilkada 2020”, ujar Nugroho.

Sementara Kabid E-Goverment Diskominfo Kabupaten Pemalang, Muji Sukur dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini mendasari surat dari Bawaslu Kabupaten Pemalang nomor 039/ Bawaslu.Prov JT19/PM.00.02/VII/2020 tanggal 10 Juli 2020 perihal Penyampaian Hasil IKP Update Covid-19. Dimana hasil launching Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) Kabupaten Pemalang, pada konteks Infrastruktur Daerah Kabupaten Pemalang terdapat 35 Desa yang tidak ada jaringan intemet atau blankspot area.

Muji menambahkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya mendapatkan solusi permasalahan blankspot agar dapat menurunkan Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP) dan mendukung kelancaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang tahun 2020.

Sedangkan untuk kelancaran dan suksesnya kegiatan ini pihaknya menggandeng pemerintah pusat yakni Direktorat Bakti dan Direktorat Pitalebar PPI Kemenkominfo RI. Selain itu, pihaknya juga mengikutsertakan 6 Camat dan 3O Kades di desa yang tidak ada jaringan internet (blankspot area).

Leave A Reply

Your email address will not be published.