Pemalang Pusere Jawa

Perkuat Statistik Sektoral di Pemalang, Pemkab Gelar Sosialisasi

0 11

Pemalang, InfoPublik – Guna menguatkan pelaksanaan kegiatan statistik sektoral di Kabupaten Pemalang serta pemahaman terkait dengan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) Tahun 2023.

Pemkab Pemalang melalui Diskominfo setempat menggelar sosialisasi penyelenggaraan statistik sektoral di wilayahnya, Selasa (9/5/2023).

Penjabat Sekda Kabupaten Pemalang Moh Sidik saat membuka kegiatan ini berharap akan ada transfer knowledge dari para narasumber kepada para peserta sosialisasi, yang nantinya akan mempermudah OPD dalam melaksanakan tugas – tugasnya di bidang statistik sektoral.

Dikatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan, statistika mempunyai peranan yang sangat penting, diantaranya untuk perencanaan pembangunan.

“Dalam konteks ini, data dan informasi statistik dapat digunakan mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa datang,” ujarnya, di gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang.

Selain itu, menurut Sidik statistik juga untuk menentukan prioritas dalam pelaksanaan pembangunan dan dijadikan acuan dalam evaluasi pengendalian kegiatan pembangunan, termasuk memperkirakan antisipasi terhadap bencana, resiko dan hambatan yang dihadapi dalam pembangunan.

“Dengan data – data yang dimiliki, pemerintah akan lebih mudah untuk mengambil suatu kebijakan,” tuturnya.

Sidik mengungkapkan dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah, selain data – data yang bersumber dari BPS, diperlukan juga data – data dari masing – masing OPD yang mengurusi statistik sektoral.

“Banyak sekali data – data sektoral bersumber dari OPD yang bisa dijadikan sebagai dasar perencanaan pembangunan,” imbuhnya.

Untuk itu pihaknya menekankan kepada semua OPD untuk serius dengan data terutama data sektoral. “Jadi tolong bersungguh sungguhlah dengan, karena kita nilai baik maupun buruk berdasarkan data yang ada,” tegasnya.

Sementara itu Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo selaku penyelenggara menjelaskan dengan digelarnya sosialisasi ini diharapkan adanya komitmen bersama dalam implementasi kegiatan statistik sektoral di Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Selain itu juga pemahaman terkait dengan penyelenggaraan evaluasi statistik sektoral (EPSS) Tahun 2023.

Sedangkan untuk suksesnya kegiatan ini pihaknya menghadirkan narasumber dari Bappeda dan Badan Pusat Statistik (BPS) Pemalang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.