PEMALANG – Guna mencapai target partisipasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) nasional, Pemkab Pemalang mencanangkan program ‘Gelem Maring (Gema) PAUD’. Launching Gema PAUD dilakukan Plt Bupati Mansur Hidayat bersama Forkopimda dan Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia di Sirkuit Pantai Widuri Pemalang, Rabu (31/5/2023) bersamaan dengan kegiatan Festival PAUD Tingkat Kabupaten Pemalang.

“Kondisi angka partisipasi sekolah jenjang PAUD di Kabupaten Pemalang saat ini masih di angka 70%, di bawah angka yang menjadi harapan nasional yaitu 100%,” ujar Mansur dalam sambutannya.

Mansur melanjutkan, pelaksanaan program Gema PAUD dan Festival PAUD Tingkat Kabupaten Pemalang, menjadi salah satu bentuk komitmen nyata pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan PAUD.

Keseriusan pihaknya dalam pengembangan PAUD antara lain dilandasi fakta, PAUD sangat berpengaruh dalam perkembangan intelektual dan mentalitas anak. Menurutnya, usia emas pada anak-anak, yaitu umur 0-6 tahun merupakan masa-masa penting bagi pertumbuhan anak, karena di usia ini terjadi perkembangan pesat dari segi fisik maupun psikis, yang sangat penting bagi tahap pertumbuhan selanjutnya.

Selain itu, sambung Mansur, kemampuan yang dibangun di usia dini ini juga berperan penting dalam membentuk kesiapan diri anak, memasuki pendidikan di tingkat dasar. Menurut penelitian, kecerdasan seorang anak mencapai 50% pada usia 0-4 tahun hingga usia 8 tahun, dan puncaknya 100% di usia 18 tahun.

Mansur berharap program Gema PAUD didukung oleh berbagai unsur di Kabupaten Pemalang, sehingga akan ada proses yang signifikan terhadap peningkatan angka partisipasi sekolah jenjang PAUD.

“Keberhasilan program Gema PAUD ini bukan terletak pada kerja Pemda saja, namun diperlukan dukungan dan peran semua komponen stakeholder yang menjadi kunci utama kesuksesan program Gema PAUD ini,” tandasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang, Basuki selaku penyelenggara mengungkapkan, peserta kegiatan kali ini sebanyak 1.204 anak dari perwakilan lembaga PAUD, di wilayah 14 kecamatan.

Basuki menjelaskan, tujuan kegiatan launching adalah sebagai upaya pemenuhan indikator tersosialisasinya layanan PAUD kepada masyarakat. Selain itu juga merupakan upaya peningkatan angka partisipasi sekolah jenjang PAUD di Kabupaten Pemalang, serta sebagai sarana untuk mengapresiasi kemampuan peserta didik PAUD, baik dalam aspek kemampuan seni, motorik, bahasa, sosial dan emosional.

Beberapa kegiatan dan jenis festival yang ditampilkan antara lain, Tarian Masal Tari Goyor, Parade Tarian Daerah Nusantara, Perkusi Alat Dapur, Lari Halang Rintang, Fashion Show Bahan Daur Ulang, Senam Irama Dengan Alat, Lari Estafet Gembira dan Lomba Geguritan.