PEMALANG – Pemkab Pemalang terus mewujudkan komitmennya dalam pengelolaan sampah menjadi briket untuk mengatasi  masalah sampah di wilayahnya.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menerima investor Australia di ruang Peringgitan Kantornya mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti penawaran kerjasama antara Investor Australia melalui PT. Avaniel Bintang Energi Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menyelesaikan pengelolaan sampah menjadi briket yang akan diekspor ke luar negeri termasuk Australia dan negara lain.

Ia mendorong kerjasama tersebut segera terealisasi sehingga masalah sampah khususnya wilayahnya dapat segera bisa ditangani dengan baik.  pada dasarnya Pemkab Pemalang mendukung yang berkaitan dengan masalah sampah.

“Kami mendukung untuk izin yang harus dilalui berkaitan dengan yang ada di Kabupaten Pemalang dan merespon secepatnya karena masalah sampah harus terselesaikan terutama di Kabupaten Pemalang,” lanjut Mansur, Kamis (1/2/2024).

Menurut Mansur, ini salah satu solusi terbaik yang pihaknya bisa melakukan untuk jangka menengah dan ini perizinan sedang di proses karena butuh izin dari luar termasuk bea cukai, izin ekspor dan lain-lain.

Diakhir audiensi Mansur menekankan agar kerjasama tersebut untuk segera direalisasikan.
“Kami bersama tim sangat senang sekali jika program ini bisa  terealisasikan karena untuk kemanfaatan dan kemajuan Pemalang” pungkas Mansur.

Dalam audiensi tersebut perwakilan dari gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia,
Ade Siti menuturkan bahwa semua tahapan dalam kerjasama tersebut sudah diatur dalam timeline termasuk konstruksi dan proses perizinannya.

“Jadi kita sudah mengatur lahan yang rencana akan bertempat di Desa Lawangrejo kemudian sudah diatur konstruksinya, proses perizinan, kemudian tatanan kerjanya termasuk pengembangan pasar nantinya setelah produksi supaya tidak asal asalan dan bahwa seluruh sampah 99 persen jenisnya bisa diolah menjadi briket”. Ujar Ade

Ade juga menyampaikan bahwa Kerjasama ini dari investor Australia dan perusahaan lokalnya yakni PT. Avaniel Bintang Energi Indonesia dan ini yang nantinya akan diolah menjadi briket ini untuk mengganti energi yang terbaru dan bisa dikonsumsi dalam negeri atau ekspor.