PEMALANG – Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyambut baik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pemalang yang telah memulai program survey Statistik Keuangan Desa (K3) 2024 dan pendataan Potensi Desa (Podes) 2024.

Hal tersebut terungkap saat Ketua BPS Kabupaten Pemalang Moh. Fatikhudin beserta jajaranya melakukan audiensi dengan Bupati Mansur di tempat kerjanya, Kamis (25/4/2024).

Mansur mengaku pihaknya akan membantu pelaksanaan program tersebut di Kabupaten Pemalang.

Audiensi sendiri dilakukan guna mengoordinasikan pelaksanaan survei K3 dan Podes 2024.

Moh. Fatikhudin menyampaikan, BPS sebagai penyelenggara statistik dasar yang akan menyelenggarakan dua kegiatan pendataan itu berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang, agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Masih menurut Moh. Fatikhudin, hasil pendataan K3 dapat dimanfaatkan oleh pemerintah pusat dan daerah, sebagai salah satu komponen utama dalam penyusunan Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Survei K3 dilaksanakan dari tanggal 1 Maret sampai dengan 31 Juli 2024.

Adapun PODES yang merupakan sumber data tematik berbasis kewilayahan, yang menggambarkan potensi suatu wilayah di seluruh Indonesia, dapat dimanfaatkan oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai dasar perencanaan pembangunan wilayah, mengetahui potensi desa/wilayah setingkat desa, potensi kecamatan, dan potensi kabupaten/kota.

Selain itu juga sebagai dasar penyusunan berbagai analisis dan kebijakan terkait kewilayahan, dasar penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa, dan dapat digunakan untuk mengevaluasi pembangunan desa, berupa potret perkembangan infrastruktur yang ada di desa.

Selain membahas kegiatan pendataan, Bupati Mansur juga berdiskusi terkait beberapa hal terkait statistik ekonomi di Kabupaten Pemalang.