Pemalang Pusere Jawa

Kadiskominfo Pemalang Buka Workshop E-Commerce

1 502

PEMALANG – Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Pemalang, Drs. Nugroho Budi Raharjo, MM. Kamis (29/11/2018) membuka Kegiatan Workshop e-commerce untuk UMKM di Aula BKD Kabupaten Pemalang.

Workshop yang berlangsung selama dua hari itu, diikuti 50 orang pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang.

Sedangkan untuk suksesnya kegiatan ini, Diskominfo Kabupaten Pemalang menggandeng Bukalapak, dan PBI (Pesantren Bisnis Indonesia) dengan mendatangkan narasumber, coach Slamet Susanto (Bukalapak Pekalongan).

Workshop dengan tema “Meledakkan Omset dengan Internet Marketing” workshop diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM sehingga omset UMKM akan meningkat melalui e- commerce. Dan pemerintah Kabupaten Pemalang akan berupaya memfasilitasi UMKM dalam rangka meningatkan daya saing dengan daerah lain.

Dalam arahannya, Kadiskominfo Pemalang, Nugroho menyampaikan, perkembangan teknologi telah merambah ke semua aspek. Salah satunya Industri e-commerce. Nugroho menjelaskan, industri e-commerce adalah transaksi jual beli yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik yaitu gadget atau komputer yang terkoneksi dengan internet.

“Ada hal yang diharapkan dengan mengeliatnya industri digital di Indonesia saat ini. Yaitu keterlibatan sektor UMKM”, kata Nugroho.

Terkait hal itu, Nugroho menegaskan, perlu adanya penekanan bahwa e-commerce harus difokuskan ke UMKM. salah satunya market place yang banyak membina UMKM adalah Bukalapak.

Disampaikan Nugroho, potensi UMKM di Indonesia saat ini sangat besar, sehingga perlu peran dan sinergi dari pemerintah, khususnya di dunia e-commerce untuk mendukung kemajuan usaha mereka. salah satunya dengan program satu juta domain “Indonesia Go Online”.

“Dengan e- commerce kita sama saja dengan membuka cabang di banyak tempat sekaligus menjadi efisien dan praktis”, ujar Nugroho.

1 Comment
  1. Budi Jatmiko says

    untuk usaha mikro apa bisa dibantu aksesnya ke marketplace ? kami kadang susah menjual hasil tani dengan untung besar, jika hanya lewat agen. makasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.