Pemalang Pusere Jawa

Cemantol, Inovasi Unggulan IVA Test Pemalang

0 236

PEMALANG – Camantol merupakan akronim, Cepat, Mudah, Aman Dan Terkontrol. Cemantol merupakan slogan untuk inovasi unggulan terkait pelayanan IVA Test di Kabupaten Pemalang yang telah dilaunching TP PKK Kabupaten Pemalang. Cemantol adalah sebuah aplikasi manajemen terpadu secara elektronik yang merupakan inovasi unggulan dalam pelayanan IVA Test melalui “Aplikasi SIVA” yang berbasis android. Hal itu disampaikan Ketua TP. PKK Kabupaten Pemalang, Ny. Hj. Irna Setiawati Junaedi, SE., MM. Saat memberikan arahan kepada 60 (enam puluh) orang admin SIVA dari TP.PKK Kecamatan dan Puskesmas se-Kabupaten Pemalang, Rabu (10/4/2019) di Gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang pada Rabu 10/4/2019)

Hj.Irna menjelaskan, aplikasi SIVA didalamnya terdapat beberapa bagian. diantaranya adalah Media sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat tentang arti pentingnya IVA Test, Bahaya kanker serviks dan informasi kesehatan lainnya. Kedua, Media Informasi tentang program dan kegiatan IVA Test yang dilaksanakan di Kabupaten Pemalang. Ketiga, SIVA sebagai single database peserta IVA Test tingkat kecamatan dan desa yang dapat mencatat jumlah peserta IVA Test secara real time. Keempat, Data peserta IVA Test dapat terdeteksi sampai ketingkat desa melalui data by name by address. Kelima sebagai alat kontrol bagi peserta IVA Test. Karena sistem tersebut secara otomatis akan memberikan notifikasi pelaksanaan IVA Test yang berkelanjutan selama periode tiga tahunan. Dan yang terakhir bahwa aplikasi SIVA berbasis android tersebut, dapat menjadi sarana untuk memudahkan masyarakat dalam rangka mendaftar layanan IVA Test di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pemalang baik secara offline maupun online. “Inilah yang menjadi inovasi unggulan terkait pelayanan IVA Test di Kabupaten Pemalang dengan slogan Camantol (Cepat, Mudah, Aman Dan Terkontrol).” kata Hj.Irna.

Acara Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi IVA (SIVA) dihadiri Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang yang diwakili Kabid e-Government, Drs. Khalimi dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang yang diwakili Kabid P2. dr. Yulies Nuraya. (ay)

Leave A Reply

Your email address will not be published.