Pemalang Pusere Jawa

Atasi Blankspot Desa, Pemalang Gandeng Kemenkominfo RI Gelar FGD

0 11

Pemalang – Guna mengatasi blankspot desa di wilayah Kabupaten Pemalang, Pemkab Pemalang bekerjasama dengan Kemenkominfo RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD), di salah satu hotel di Pemalang, Kamis, (8/4/2021).

Blankspot Desa menjadi salah satu hambatan dalam mewujudkan program unggulan Desa Digital (Dedi) di Kabupaten Pemalang.

FGD dengan tema “Mencari Solusi Blank Spot Desa untuk Mewujudkan Desa Digital” tersebut, bertujuan sebagai upaya mendapatkan solusi permasalahan blank spot area beberapa Desa di Kabupaten Pemalang.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat membuka kegiatan tersebut berharap forum ini akan membawa dampak yang baik bagi perkembangan dan peningkatan kualitas komunikasi di Kabupaten Pemalang, terutama yang berkaitan dengan keberhasilan pelaksanaan program Desa Digital.

Dikatakan, menyambut era revolusi industri 4.0 (four point zero), dimana telah terjadi proses disrupsi atau perubahan besar pada teknologi digital yang telah mempengaruhi kehidupan sehari – hari masyarakat, perlu direspon dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana teknologi informasi. Hal tersebut karena, jika kondisi yang sedemikian tidak cepat direspon maka akan menghambat perkembangan SDM dan kamajuan suatu daerah.

Untuk itu, demi mendorong upaya peningkatan SDM, pertumbuhan ekonomi kerakyatan, peningkatan derajat kesehatan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Diperlukan langkah strategis sebagai solusi mengatasi masalah keterbatasan akses informasi yang diakibatkan blank spot desa”, tegas Agung.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Nugroho Budi Raharjo selaku penyelenggara kegiatan tersebut, menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya mendapatkan solusi permasalahan blank spot area beberapa Desa di Kabupaten Pemalang.

Sedangkan untuk sukses dan lancarnya kegiatan tersebut, pihaknya mendatangkan narasumber dari Kemenkominfo RI, yakni, Staf Ahli Menteri Kominfo RI Bidang Hukum (Prof. Dr. Hendri Subiakt , Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Direktur Pita Lebar PPI Kementerian Kominfo Rl, Direktur Telekomunikasi PPI Kementerian Kominfo RI dan Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI. Selain itu pihaknya juga mengundang Kepala Perangkat Daerah, Penyedia Telekomunikasi dan Paguyuban Kades Simongklang Pemalang.

Pada akhir diskusi tersebut, ditemukan solusi untuk mengatasi Blankspot Desa, pihak operator seluler berkomitmen untuk mengatasi Blankspot desa di wilayah Kabupaten Pemalang sehingga Pemalang menjadi area clear sport atau merdeka sinyal. (Heyder)

Leave A Reply

Your email address will not be published.