Pemalang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang telah memberikan dukungan dan kontribusinya dalam pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2023 lalu, khususnya kepada calon jamaah haji di wilayahnya.

Kontribusi dan dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk penyediaan transportasi berupa bus keberangkatan jamaah dari Pemalang menuju tempat embarkasi di Solo.

“Yang kemarin kita laksanakan adalah (penyediaan) bus, kita membantu (menyiapkan) bus dari Pemalang,” ucap Plt. Bupati Saat menjadi narasumber pada kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun kepada calon jamaah haji Tahun 2024 Kabupaten Pemalang di Kantor Kementerian Agama setempat, Senin (14/8/2023).

“Pemkab Pemalang menyediakan bus sesuai dengan (kapasitas) jumlah calon jamaah haji,” imbuhnya.

Selain keberangkatan, menurut Mansur Pemkab Pemalang juga menyediakan transportasi untuk penjemputan jamaah haji dari tempat embarkasi menuju ke Pemalang.

“Termasuk yang pulang duluan juga kita (Pemkab) jemput, pokoknya kita fasilitasi”.

Tak hanya transportasi, Pemkab Pemalang juga memfasilitasi konsumsi para jamaah selama dalam perjalanan menuju tempat embarkasi.

“Selain itu teman teman dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) juga membantu, ada yang sepuh (lansia) itu di gotong, digendong juga ada, pemerintah mensupport sekali,” pungkas Mansur.

Sejalan dengan hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pemalang Roziqun berharap pada pelaksanaan ibadah haji Tahun 2024 mendatang Pemkab Pemalang dapat membantu dan memfasilitasinya kembali.

“Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinan Plt. Bupati telah banyak membantu berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Pemalang, Tahun kemarin (2023) untuk armada pemberangkatan dan penjemputan semuanya difasilitasi oleh Pemda, kami harapkan kebijakan beliau di tahun 2024 tetap ada berkaitan dengan armada yang disediakan,” ucap Roziqun.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para calon jamaah haji Kabupaten Pemalang tahun 2024. (Dimas).