PEMALANG – Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menilai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan representasi peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan.

“Kehadiran Paskibraka pada setiap momentum Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI pada dasarnya merupakan representasi dari peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan,” ungkap Plt Bupati saat pengukuhan Paskibraka Kabupaten Pemalang Tahun 2023 di pendopo setempat, Selasa (15/8/2023) malam.

Mansur berharap, tugas Paskibraka sebagai pengibar bendera tidak hanya diartikan sebatas seremonial belaka. Menurutnya hal itu juga harus diartikan sebagai kewajiban generasi muda untuk menjamin tetap berkibarnya bendera Sang Saka Merah Putih dan kedaulatan bangsa dan negara.

“Pelaksanaan tugas tersebut (mengibarkan bendera) hendaknya tidak diartikan hanya sebagai seremonial semata, namun merupakan isyarat bahwa generasi muda memiliki kewajiban untuk menjamin tetap berkibarnya bendera kebangsaan Sang Saka Merah Putih,” ujar Mansur.

“Sekaligus sebagai perwujudan kewajiban generasi muda, untuk tetap menjaga kedaulatan bangsa dan negara dalam segala aspeknya,” sambungnya.

Plt Bupati juga berharap anggota Paskibraka tetap memelihara semangat dalam melaksanakan tugas. “Saya berharap seluruh anggota Paskibaraka tetap semangat dalam bertugas, dan mari kita rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-78 dengan khidmat dan peruh rasa kebanggaan, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,“ pungkasnya.