Pemalang – Tim verifikator Kabupaten/ Kota Sehat (KKS) tingkat nasional berkunjung ke Kabupaten Pemalang, Jumat (15/9/2023).

Mereka akan melakukan verifikasi lapangan di 11 lokasi indikator dari 9 tatanan pelaksanaan KKS di Kabupaten Pemalang.

Kabupaten Pemalang menjadi salah satu dari enam kabupaten /kota yang masuk nominasi KKS tingkat nasional.

Adapun 11 lokus yang dikunjungi yakni, Desa / Kelurahan (Kramat dan Surajaya), Puskesmas (Puskesmas Rowosari, dan Posyandu Desa Surajaya), Fasilitas Umum (Masjid Al Mu’roj Bojongbata dan Taman Gumelem), TPA Pesalakan, Sekolah (SMPN 2 Pemalang dan SD 5 Bojongbata), Pasar (pasar Paduraksa dan pasar Randudongkal), Tempat Wisata (Benowo Park dan Bukit Tangkeban), Terminal (Terminal Induk Pemalang dan Terminal Belik), UMKM (Vitanas Desa Sikasur), Kantor (Mall Pelayanan Publik /DPMPTSP).

Sebelumnya Forum Pemalang Sehat (FPS) yang dipimpin Santi Rosalia bersama Pemkab Pemalang telah melaksanakan verifikasi adminitrasi secara virtual.

Sementara Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menerima tim pusat tersebut di peringgitan rumah dinas Bupati Pemalang mengapresiasi kekompakan yang dilakukan jajarannya dalam mempersiapkan penilaian KKS tingkat nasional sekaligus berharap kekompakan ini dilakukan tidak hanya saat mempersiapkan kunjungan tim verifikator saja namun harus dilakukan seterusnya.

Selain itu Mansur Hidayat juga berharap tim verifikator KKS untuk memberi masukan dan saran sehingga Kabupaten Pemalang menjadi Kabupaten yang sehat.

Ditempat yang sama Ketua Tim Dicky Firandolo menjelaskan KKS adalah satu kondisi kabupaten/ kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kepada kabupaten / kota yang sudah menyelenggarakan KKS diberikan penghargaan.

Penghargaan diberikan apabila kabupaten / kota telah menyelenggarakan sejumlah tatanan sebanyak 70 – 80% untuk penghargaan kategori Swasti Saba Padata, 81 – 90% untuk kategori Swasti Saba Wiwierda dan kategori Swasti Saba Wistara 91 – 100%.

Diketahui Kabupaten Pemalang pernah mendapatkan penghargaan KKS kategori Swasti Saba Padata tahun 2013 dan kategori Swati Saba Wiwerda pada tahun 2015.

Tim akan melakukan verifikasi lapangan di 11 lokasi di Pemalang selama dua hari berturut turut yakni mulai Jumat hingga Sabtu (15 – 16/9/2023).