Pemalang – Saat memimpin Apel pagi bersama di lingkungan Pemkab Pemalang, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengingatkan kembali pentingnya menjaga disiplin bagi ASN di lingkungannya.

“Yang paling utama disiplin pada diri sendiri kalau mendisplinkan diri saja tidak bisa apalagi kepada orang lain,” ujarnya di halaman parkir timur rumah dinasnya, Senin, (15/1/2023).

Teguran Orang nomor satu di jajaran Pemkab Pemalang tersebut kepada jajarannya karena dirinya melihat langsung sejumlah ASN yang belum siap berada di barisan apel pagi bahkan ada juga sejumlah ASN yang masih datang terlambat memasuki barisan apel pagi bersama.

Ia menekankan agar ASN senantiasa menjaga disiplin waktu termasuk dalam meyelesaikan pekerjaan harus tepat waktu sehingga diharapkan tidak ada pekerjaan yang tertunda.

Menurutnya ASN di lingkungannya harus dibiasakan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dinasnya.

“Kalau pekerjaan dapat diselesaikan sekarang ya harus diselesaikan sekarang juga tidak usah ditunda sampai besok,” tegasnya dihadapan peserta apel.

Mansur mengaku kalau di beberapa kegiatan dirinya terlambat namun hal itu bukan karena tidak disiplin melainkan karena banyaknya kegiatan yang waktu pelaksanaannya berbarengan sehingga ada keterlambatan saat menghadiri satu kegiatan dengan kegiatan yang lain.

“Jadi kalau saya terlambat bisa dipastikan saya ada kegiatan yang lain,” tegasnya.

Sementara itu sebelum apel pagi dimulai para Camat yang lokasi dinasnya berada jauh dari rumah dinas Bupati diminta untuk tidak mengikuti apel tersebut mengingat mereka harus memberikan pelayanan kepada warganya.

“Camat yang jauh jauh tidak usah ikut apel saja karena nanti di sana tidak ada orang dan tidak ada yang melayani masyarakat, ” katanya.

Dalam kesempatan itu Mansur juga mengapresiasi kepada OPD dan unit kerja yang meraih penghargaan.

Dikatakan penghargaan tersebut sebagai memicu perbaikan dan motivasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga penghargaan ini dapat memicu upaya perbaikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Berikut penerima penghargaan yang diserahkan pada apel pagi.

Penilaian kinerja penyenggaraan pelayanan publik tahun 2023 Kementerian PAN RB untuk tiga OPD dengan predikat sangat baik yakni, Dinsos KB PP, Kecamatan Pemalang, dan RSUD M. Ashari Pemalang.

Kemudian penilaian kepatuhan penerapan standar pelayanan publik tahun 2023 oleh Ombudsman RI untuk tujuh unit kerja dengan predikat kualitas tertinggi yakni, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PMPTSP, Dinsos KB PP, Puskesmas Mulyoharjo, dan Puskesmas Kebondalem.