PEMALANG – Sebagaimana diketahui, aspek keamanan dan ketertiban menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menyongsong penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sebagai wujud kesiapan pengamanan Pemilu, Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Taman melaksanakan Apel Siaga Persiapan Pengamanan (PAM) Pemilu 2024 di halaman kantor kecamatan setempat, Senin (15/1/2024) sore.

Saat memimpin apel, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengungkapkan apresiasinya atas langkah yang diambil oleh Kecamatan Taman dalam menyelenggarakan apel.

Menurutnya, pelaksanaan apel tersebut menjadi salah satu langkah nyata mewujudkan situasi kondusif di wilayah Kecamatan Taman.

“Pelaksanaan apel siaga pada hari ini menjadi salah satu langkah nyata kita bersama, khususnya segenap unsur Satlinmas di Kecamatan Taman beserta seluruh stakeholders terkait dalam rangka mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kecamatan Taman baik sebelum, saat dan setelah penyelenggaraan Pemilu 2024 dilaksanakan,” ungkap Bupati.

Bupati mengatakan bahwa konsolidasi dan koordinasi antar unsur dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah masing-masing harus dilakukan.

“Harapannya, antar unsur dapat terwujud hubungan kerja sama dan sinergi yang efektif, sehingga mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 yang tinggal sebentar lagi,” sambungnya.

Mengingat pentingnya mewujudkan situasi yang aman dan kondusif saat pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, Bupati berpesan kepada Camat dan para Kades atau Lurah untuk dapat memfasilitasi segala proses penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah masing-masing, serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan stakeholders terkait.

Kepada para Kepala Puskesmas, Bupati juga meminta agar dapat memastikan seluruh petugas penyelenggaraan Pemilu 2024 dalam kondisi sehat dan bugar, sehingga para petugas pemilu dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Selain itu, ia juga meminta kepada Kepala Puskesmas untuk menyiapkan tim kesehatan yang siap sedia memberikan layanan kesehatan kepada para petugas, baik sebelum, saat dan setelah Pemilu 2024 dilaksanakan.

“Kepada Satlinmas maupun petugas pengamanan, saya minta untuk bisa menjaga kesehatan dan menyiapkan fisik guna persiapan pelaksanaan tugas pengamanan di hari pelaksanaan Pemilu, waspadai hal-hal yang kiranya berpotensi menggganggu jalannya penyelenggaraan Pemilu, dan koordinasikan dengan petugas terkait,” pesan Bupati Mansur.

Apel siaga tersebut diikuti oleh Satlinmas Kecamatan Taman serta dihadiri oleh Plt Kepala Satpol PP, Camat, Forkopimcam Taman, Kades dan Lurah setempat serta Kepala Puskesmas se-Kecamatan Taman dan Ketua Panwascam Taman.