PEMALANG – Ribuan warga memadati acara Festival Jajanan Pemalang yang diadakan di ruas jalan depan komplek pendopo kabupaten setempat, Minggu (4/2/2024).

Acara yang digagas oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pemalang itu diadakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-449.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat membuka acara secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon.

Pada kesempatan itu Mansur mengatakan bahwa acara semacam ini perlu dilaksanakan pada kesempatan yang lain, karena sangat bagus untuk meningkatkan penjualan UMKM jajanan pemalang.

“Dikesempatan yang lain, acara seperti perlu dilaksanakan lagi untuk meningkatkan UMKM Pemalang,” ujarnya.

Mansur berharap, acara festival ini berjalan lancar dan tertib serta bisa menumbuhkan perekonomian yang ada di Kabupaten Pemalang khususnya ekonomi UMKM.

“Semoga acara ini bisa memberikan dan menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Pemalang,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Pemalang Henifah Heriyanto selaku penyelenggara mengemukakan, tujuan dilaksanakannya festival  adalah untuk meningkatkan sinergitas antar stakeholder dalam memperkenalkan budaya Pemalang.

Selain itu juga untuk meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat akan warisan kuliner, serta memperkenalkan jajanan dan produk unggulan khas Kabupaten Pemalang.

Henifah menjelaskan, Festival Jajanan Pemalang digelar selama sehari pada Minggu, 4 Februari 2024, mulai pukul 06:30 WIB.

Peserta acara terdiri dari seluruh Penasehat dan Ketua, unsur Pelaksana DWP se-Kabupaten Pemalang dengan jumlah 52 peserta, serta diikuti partisipan dari vendor yaitu Dinkes Kabupaten Pemalang, Bank Jateng, Baznas Pemalang dan Fedep.

Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan Gerakan Sedekah Subuh Sedino Sewu bagi perempuan berdaya melalui organisasi wanita Kabupaten Pemalang oleh Bupati Pemalang, Ketua PKK Pemalang dan Ketua DWP Pemalang.

Dalam acara festival dilakukan pula penyerahan santunan dan bantuan usaha oleh Bupati Pemalang didampingi Ketua PKK, kepada 20 anak yatim dan janda PNS Kabupaten Pemalang.