Pemalang Pusere Jawa

Bantuan Internet Gratis Kemenkominfo RI, Bermanfaat Untuk Masyarakat Kabupaten Pemalang.

0 154

JAKARTA – Bantuan internet gratis untuk tiga desa di Kabupaten Pemalang yaitu Desa Pagenteran, Desa Kebon Gede dan Desa Gambuhan dari Kementerian Kominfo RI sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang Yanuar Nitbani saat melakukan kunjungan kerja ke Direktur Pengendalian dan Direktur Pita Lebar Kemenkominfo RI Jakarta , Kamis (16 /6/2022).

Dalam kunjungannya ke Direktur Pita Lebar Kementerian Kominfo RI , Yanuar Nitbani menyampaikan bahwa Kabupaten Pemalang memiliki topografi yang bervariasi. Bagian selatan Kabupaten merupakan dataran tinggi yang subur dengan ketinggian 16925 M diatas permukaan Laut yang merupakan tantangan dalam penyebaran Akses Internet sehingga menimbulkan blankspot di wilayah tersebut.

“Dari 17 desa blankspot yang dilaporkan ke Kementerian Kominfo saat ini masih ada kurang lebih 5 desa yang masih blankspot dan 8 desa yang sinyalnya masih buruk, sehingga membutuhkan pembangunan menara tower untuk menempatkan peralatan penguat sinyal dengan minimal kapasitas 300 kg”, ucap Yanuar yang didampingi Kabid Penyelenggaraan E- Government Edi Sutriyono dan Kusuma Prihatiningrum selaku Sub Koordinator Pengelolaan Infrastruktur E-Government.


Belum semua SKPD terhubung dengan jaringan intra Kabupaten Pemalang. Dari 14 Kecamatan masih ada 12 Kecamatan yang belum dan 11 Kelurahan yang belum terhubung dengan Fiber Optic ( FO ). Dari permasalahan blankspot dan belum terpasangnya FO tersebut bahwa Kabupaten Pemalang belum terintegrasi secara infrastruktur.

Sementara itu, saat pertemuannya dengan Direktur Pengendalian pada Dirjen Pos dan Telekomunikasi Kementerian Kominfo RI, Yanuar menyampaikan hasil survey dari 17 bankspot bahwa jika ada yang masih blankspot dan sinyal buruk maka diharapkan Kementerian Kominfo RI memberikan perhatian lebih agar permasalahan desa blankspot di Kabupaten Pemalang bisa segera mendapat penanganan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.