Pemalang Pusere Jawa

Pembinaan Statistik Sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang

0 27

Sobat Pemalang Satu Data, Tim Satu Data Indonesa Kabupaten Pemalang hari ini, Rabu, 20 Maret 2024 melakukan kunjungan /visitasi ke Organisasi Perangkat Daerah yang menjadi sasaran prioritas pembinaan tahun 2024. Kunjungan di hari pertama ini dengan lokasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang. Tujuan Visitasi menurut Kepala Bidang Statistik dan Persandian Titi Resmiyati adalah untuk melakukan pembinaan Statistik Sektoral kepada produsen data di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang. Agar produsen data dalam melakukan kegiatan statistik sektoralnya sesuai dengan kaidah-kaidah statistik.

“Dengan proses yang sesuai dengan kaidah statistik, diharapkan data statistik sektoral yang dihasilkan adalah data yang berkualitas. Yakni dàta yang memiliki standar data, metadata, memiliki kode referensi dan dapat dibagipakaikan, ” ujar Dia.

Adapun sasaran pembinaan menurutnya, adalah 21 Perangkat Daerah selaku produsen data yang menjadi target prioritas pembinaan Tahun 2024. Tim terdiri dari Bappeda, Diskominfo, dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Pemalang. Materi pembinaan tentang kelembagaan, rekomendasi statistik dan metadata, dan Satu Data Indonesia.

Di Bakesbangpol, Tim diterima oleh Sekretaris Bakesbangpol Yudia Laksono beserta seluruh tim produsen data Bakesbangpol. Sekretaris Kesbangpol Yudia Laksono menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Satu Data Indonesia ke Bakesbangpol dalam pembinaan data statistik sektoral. Mengingat terkait dengan statistik menurut Dia, masih dijumpai adanya duplikasi dan perbedaan data pada masing-masing sektor.

Sementara itu di Dinas Perikanan Tim Satu Data Indonesia Pemalang diterima oleh Kepala Bidang Pengelola Penangkapan Ikan Nusyam Ubaid, Kepala Bidang Budidaya Perikanan Antonius Broto dan tim produsen data Dinas Perikanan. Nusyam Ubaid menjelaskan, data statistik terkait perikanan banyak sekali dan sifatnya dnamis. Karena produksi ikan tangkap melalui 5 TPI yang ada di Pemalang stiap hari didata dan sifatnya dinamis baik terkait jumlah produksi maupun hargnya. Belum lagi produksi budidaya perikanan baik di tambak maupun sungai yang pendataanya dilakukan pada saat panen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.